Senin, 09 Juli 2018

Bahaya penggunaan antibiotik secara berlebihan


Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk melawan penyakit akibat infeksi dari bakteri. Penggunaan obat yang mengandung antibiotik tidak boleh sembarangan, melainkan harus dengan resep dari dokter. Selain itu harus pila dikonsumsi sesuai anjuran, tidak boleh kurang, dan tidak boleh lebih. Karena kalau sampai itu dilakukan, maka bisa terjadi bakteri resisten, yaitu bakteri yang sudah kebal terhadap antibiotik tersebut.

Kepala Dinkes Kota Jayapura dr. Ni Nyoman Sri Antari menyatakan agar warga di Jayapura mengurangi penggunaannya. Beliau juga mengatakan warga diharapkan perlu memahami penggunaan obat antibiotik dari dokter dan sadar akan bahaya obat antibiotik tersebut apabila digunakan secara tidak benar.

"Untuk penggunaan obat antibiotik sebenarnya untuk mencegah terjadi resistensi atau istilahnya kekebalan, jadi harusnya dengan resep dokter," kata Nyoman. Nyoman mengatakan, jikalau masyarakat sakit ringan bisa menggunakan obat alami atau obat yang bisa didapatkan secara bebas.

Akan tetapi, lanjut dia, khusus untuk obat antibiotik harus dikendalikan, kalau tidak nantinya di generasi selanjutnya obat antibiotik sudah tidak mempan lagi. "Dokter juga tidak semuanya memberikan obat antibiotik kepada pasien," ujarnya. Ia menambahkan, penggunaan obat antibiotik yang berlebihan bisa juga menyebabkan kuman yang ada dalam tubuh menjadi ganas karena penggunaan antibiotik yang berlebihan. (Antara/Musa Abubar)

Kesehatan adalah hal yang sangat berharga. Oleh karenanya, kita pasti akan mencari obat untuk menyembuhkan penyakit yang kita alami. Namun, tetap jangan sembarangan. Ada baiknya kalau kita konsultasikan ke dokter mana obat yang tepat untuk mengobatinya. Jangan sampai penyakit di dalam tubuh kita malah menjadi kuat dan kebal karena penggunaan antibiotik yang berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar