Kamis, 30 Agustus 2018

Terapkan 4 Tips Ini untuk Menata Kitchen Set Bergaya Minimalis


Menata furniture di dalam rumah memang susah-susah gampang. Apalagi pada area dapur yang membutuhkan perencanaan baik dalam penataannya. Furniture bergaya minimalis yang fungsional bisa menjadi pilihan. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menata kitchen set minimalis di dapur Anda.

1. Pilih Paduan Warna yang Tepat

Jika ingin mendapatkan suasana dapur yang menyenangkan, hindari penggunaan warna-warna gelap. Ada baiknya Anda menerapkan warna-warna terang yang akan membuat area dapur Anda terlihat luas dan lapang. Meski begitu, batasi penggunaan lebih dari dua warna agar tidak terlihat mencolok dan terlalu kontras.

Anda bisa menggunakan kombinasi warna putih dengan warna lainnya. Misalnya saja warna putih dan hijau lembut yang memberikan kesan elegan atau memadukan warna putih dan krem untuk mendapatkan kesan feminin. Anda juga bisa menerapkan warna-warna tadi pada dinding, tirai atau lampu untuk menonjolkan aksen warna yang kuat.

2. Terapkan Konsep Working Triangle

Cara paling tepat untuk mendapatkan dapur minimalis yang fungsional adalah menerapkan konsep working triangle dalam penataan kitchen set. Konsep ini menyusun tempat penyimpanan bahan makanan, area mempersiapkan makanan dan area memasak secara berurutan atau membentuk seperti segitiga.

Penerapan konsep ini akan memudahkan Anda saat memasak dan mempersiapkan hidangan di dapur. Selain itu, konsep ini akan memudahkan Anda mengorganisir peralatan dapur lainnya agar tidak terlihat berantakan juga lebih efisien.

3. Tentukan Layout Dapur yang Tepat

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan sebelum menata kitchen set dengan tepat adalah menentukan layout yang sesuai dengan luas dapur Anda. Mengetahui ukuran dapur Anda akan memudahkan untuk mendesain layout yang tepat.

Ada beberapa konsep layout dapur yang bisa Anda terapkan. Layout straight yang menyusun lurus area-area penting dan sangat tepat digunakan bagi Anda yang memiliki dapur kecil. Layout parallel yang menggunakan dua kabinet yang disusun berhadapan juga bisa Anda gunakan jika memiliki dapur berukuran kecil.

Bagi Anda yang memiliki area dapur cukup luas, konsep layout berbentuk L, G, atau U mungkin bisa jadi pertimbangan. Jangan lupa menerapkan konsep working triangle agar kitchen set Anda terorganisir dengan tepat.

4. Maksimalkan Area Dinding dengan Optimal

Jika Anda memiliki area dapur yang sempit, memaksimalkan bagian dinding sangatlah membantu. Anda bisa menggantungkan beberapa peralatan memasak seperti talenan, pisau dan sendok kayu di atas papan berongga yang didesain khusus pada dinding. Cara ini akan menghemat ruang dan memudahkan Anda menyusun alat-alat masak.

Anda juga bisa membuat palet yang menempel di dinding untuk menata beberapa gelas dan piring yang jarang dipakai. Selain membuat dapur lebih rapi, palet ini juga bisa berfungsi sebagai dekorasi yang ciamik. Anda juga bisa membuat rak gantung pada sisi dinding untuk menyusun cangkir atau mug agar lebih tertata dan terlihat menarik.

Bagaimana, sudah menemukan inspirasi untuk menata kitchen set minimalis Anda? Jika Anda masih merasa kesulitan menata atau bahkan merenovasi area dapur dalam rumah, Anda bisa menggunakan jasa interior design dari sejasa.com. Designer interior yang berpengalaman akan membuat dapur rumah Anda lebih indah dan tertata. 

0 komentar:

Posting Komentar