Rabu, 05 September 2018

Ketahui! 5 Penyebab Terjadinya Nyeri Lutut pada Lansia


Saat usia sudah memasuki 50 tahun maka kondisi kesehatan akan menurun terutama pada bagian tulang lutut. Kemampuan untuk berjalan akan mulai berkurang. Ketika Anda telah mengalami permasalahan pada lutut berobatlah ke dokter Lee Woo Guan. Anda perlu mengetahui penyebab terjadinya nyeri lutut pada lansia. 

1. Osteoarthritis

Kondisi tulang rawan yang semakin rapuh menjadi penyebab nyeri yang terjadi pada lutut para lansia. Penyakit ini berasal dari faktor keturunan yang terjadi tanpa penyebab. Penyakit ini akan membuat Anda mengalami nyeri yang akut ketika tulang rawan yang berfungsi sebagai shock absorber telah menjadi kaku. 

Kasus ini banyak dialami dengan kondisi semakin hari semakin buruk sehingga menyebabkan kelumpuhan. Tulang rawan pada lutut akan kehilangan elastisitasnya yang disertai dengan rasa nyeri yang sangat kuat. Anda membutuhkan dokter Lee Woo Guan untuk mengatasi masalah ini. Penyakit ini terjadi lebih banyak pada jenis kelamin wanita karena mengalami menopauuse. 

2. Trauma 

Para lansia ketika mengalami luka atau kecelakaan pada lutut akan mengalami trauma yang akan menyebabkan rasa nyeri berkelanjutan. Cedera akan menjadi berlebihan seiring dengan kondisi tulang rawan yang menjadi rapuh sehingga menyebabkan peradangan kronis. Gejalanya akan sangat terlihat dengan kondisi lutut yang mengalami kemerahan. 

3. Penyusutan Otot

Lansia akan mengalami nyeri pada bagian lutut karena pada usia mulai dari 60 tahun akan mengalami penyusutan otot. Akibatnya tidak lagi memiliki kekuatan yang optimal untuk menggerakan lutut dan ketika dipaksakan akan terasa nyeri. 

Ketika mengalami permasalahan ini akan semakin cepat teratasi jika langsung menemui ahli ortopedi. Penyusutan otot ini dapat terlihat dengan kondisi lutut yang tidak lagi memiliki ketegangan alias terlihat mengerut. 

4. Rheumatoid arthritis 

Saat tua Anda tentu membutuhkan asupan kalsium yang optimal agar kondisi tulang tetap terjaga terutama pada bagian lutut. Kalsium akan membantu mencegah terjadinya peradangan tulang. Sebab salah satu penyebab nyeri lutut pada lansia karena mengalami peradangan tulang. Penyakit ini akan muncul dengan cepat ketika sistem imun semakin tidak stabil.

5. Anterior Ligamentum Cruciatum

Para lansia akan memiliki risiko terjatuh yang lebih besar sama seperti anak-anak yang baru pandai berjalan. Ketika terjatuh maka dapat berisiko terjadinya anterior ligamentum cruciatum yang merupakan terjadinya cedera pada ligamen lutut. Bahkan sampai membuat bagian tulang kering menjadi bergeser. Cedera ii akan membuat terjadinya pembengkakan pada bagian lutut. 

Jadi penting untuk Anda menjaga kesehatan selama masih muda sebelum memasuki masa lansia. Usia lanjut akan membuat risiko terjadinya nyeri pada lutut lebih besar. Ketika telah merasakan tanda-tanda dari terjadinya nyeri segera mendatangi ahli ortopedi untuk mencegah penyakit lutut yang lebih parah. Lakukan tindakan pencegahan dengan optimal agar tidak berakibat fatal.

0 komentar:

Posting Komentar