Sabtu, 01 Desember 2018

Beli Produk Gara-Gara Ada Cashback? Jangan Diteruskan


Memang ada orang yang dengan bangganya mendapatkan cashback. Namun, jika Anda salah satunya, Anda harus hati-hati. Walaupun Anda pengguna HSBC Kartu Kredit Cashback, bukan berarti bisa selalu menggunakan kartu kredit tersebut.

Pasti Anda pernah dengar. Atau bahkan sering dengar nasihat agar bijak dalam menggunakan kartu kredit. Saking sering dengar nasihat ini, sampai Anda merasa bosan. Tapi, apakah Anda benar-benar sudah menerapkan tips bagaimana agar bijak dalam memakai kartu kredit? Bijak bukan berarti tidak boleh selalu menggunakan kartu kredit lho. Anda harus tahu apa yang dimaksud dengan memakai kartu kredit dengan bijak ini.

Yang pasti, jika Anda selalu membeli produk gara-gara ada cashback, hentikan sekarang juga. Ada salah satu faktor di mana Anda kurang bijak dalam menggunakan kartu kredit cashback.

Cashback Seharusnya Bukan Tujuan Utama

Banyak orang yang menganggap dengan mendapatkan cashback, maka biaya yang harus dikeluarkan lebih rendah atau lebih hemat. Memang benar tapi itu tidak sepenuhnya benar. Coba Anda pikirkan lagi berapa tagihan yang harus Anda bayar setiap bulannya. Memang Kartu Kredit Cashback HSBC menawarkan cicilan bulanan yang rendah. Tapi, serendah-rendahnya cicilan, tetap saja Anda harus bayar, bukan? Dan jika dibandingkan dengan cashback yang akan Anda dapatkan dari setiap transaksi, apakah seimbang?

Terlepas dari hal tersebut, jika dibandingkan dengan kartu kredit lainnya, kartu kredit cashback dari HSBC memang sangat menggiurkan. Bukan hanya cicilannya saja yang rendah tapi juga fasilitas lainnya yang begitu lengkap.

Sekalipun Anda sudah memegang kartu kredit HSBC Cashback, sebaiknya Anda perhatikan beberapa poin berikut ini.

1. Membeli Bukan Karena Cashback Tapi Karena Butuh

Teorinya, orang membeli sebuah produk itu karena ia butuh produk tersebut. Meskipun ada juga orang yang membeli karena ingin. Nah, yang kedua ini sifat konsumtifnya lebih tinggi daripada tipe orang yang pertama.

Sementara itu, orang yang beli gara-gara ada cashback bisa dikategorikan menjadi orang di tipe kedua. Ia membeli bukan karena butuh karena ada alasan lain, yaitu mendapatkan cashback.

Sebenarnya, HSCB menawarkan kartu kredit Cashback ini disebabkan banyaknya masyarakat yang melakukan transaksi secara online. Orang tidak lagi khawatir untuk membeli keperluan sehari-hari melalui toko online atau ecommerce. Mereka bisa susu balita, beli sabun, beras, dan lain sebagainya secara online. Kartu Cashback ini hadir sebagai solusi agar setiap orang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan lebih hemat. Selain itu, cicilannya pun rendah.

Jadi, beda dengan orang yang membeli barang karena ingin. Inilah yang membedakan antara orang yang bijak dengan orang yang sama sekali tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit.

2. Anggap Cashback Sebagai Hadiah

Pernah ikut jalan sehat? Jika Anda ikut acara tersebut dan ada door price nya, mana yang menjadi utama? Apakah menjaga kebugaran serta mendapatkan kesenangan karena bisa lari bersama puluhan orang atau ingin mendapatkan door price? Mungkin ada yang memilih yang kedua, yaitu agar mendapatkan door price. Akan tetapi, sudah pasti banyak yang kecewa dan akhirnya tidak akan ikut acara semacam itu lagi jika itu tujuan utamanya.

Lebih banyak orang yang berniat untuk having fun dan mencari keringat agar sehat di acara jalan sehat tersebut. Sementara itu, jika mendapatkan door price, itu adalah bonus.

Begitu juga dengan cashback. Seharusnya cashback dianggap sebagai hadiah, bukan tujuan utama ketika Anda menggunakan HSBC Kartu Kredit Cashback. Menggunakan kartu kredit untuk membeli produk yang Anda inginkan harus menjadi tujuan utama. Dengan demikian, Anda bisa mengontrol keinginan Anda untuk membeli produk. Hanya produk yang Anda butuhkan saja yang akhirnya Anda beli.

Setidaknya itu yang membuat Anda sebaiknya berhenti membeli produk hanya karena ada cashback.

Tips Agar Tidak Gelap Mata Ketika Mendapatkan Cashback

Dulu, mungkin Anda harus ke mall atau ke tempat makan ketika Anda mendapatkan info cashback. Ketika jalan-jalan di mall, Anda lewat food stall yang menawarkan cashback jika melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Sekarang beda. Tidak perlu ke mall. Di handphone saja, Anda bisa mendapatkan penawaran cashback, entah itu dari ecommerce yang sering Anda pilih untuk berbelanja atau aplikasi yang lainnya.

Dan jika Anda menggunakan Kartu Kredit HSBC Cashback, Anda akan langsung mendapatkan cashback di setiap kali transaksi lho. Menggiurkan, bukan?

Tapi, sekali lagi, Anda harus bijak dalam menggunakan kartu cashback. Berikut ini saran yang bisa Anda terapkan agar Anda tidak gelap mata ketika ad aiming-iming cashback.

1. Tanyakan Pada Diri Sendiri

Sebelum akhirnya membeli sebuah produk, pastikan Anda menanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda butuh produk tersebut atau tidak. Jika perlu, lanjutkan dengan pertanyaan yang satu ini “produk ini saya butuhkan atau saya inginkan?” 

2. Jangan Melihat Cashback

Usahakan jangan masuk ke sebuah mall atau tempat belanja gara-gara ada tulisan cashback. Jangan pula masuk ke toko online atau ecommerce yang juga memberikan cashback. Besar kemungkinan Anda akan terpengaruh untuk membeli produk yang sebenarnya Anda tidak butuhkan melainkan karena ada cashbacknya saja.

3. Lupakan Brand

Apakah semua brand yang kuat memiliki produk dengan kualitas terbaik? Belum tentu juga lho. Produk yang punya brand yang kuat sudah punya fans sendiri. Jadi, apapun produk yang dikeluarkan, para fans akan memburunya.

Maka dari itu, lupakan dulu brand agar Anda bisa lebih obyektif dalam memilih produk. Tidak pula Anda memilih sebuah brand karena ada cashback. Dengan lebih obyektif dalam melihat sebuah produk, Anda bisa dengan mudah mengontrol keinginan Anda untuk membeli.

Semoga info singkat tersebut di atas bisa membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan HSBC Kartu Kredit Cashback. 

0 komentar:

Posting Komentar