Jumat, 14 Desember 2018

Biaya Operasi TKR dan Tahapan Operasi yang Harus Dilalui


Risiko kesehatan tulang tidak jarang dialami, bahkan di antaranya harus melakukan operasi penggantian lutut total. Biaya operasi TKR atau penggantian lutut total ini tidaklah murah, namun bisa mengembalikan fungsi lutut untuk bergerak aktif. Di samping biaya, Anda juga harus mengetahui tahapan operasi yang harus dilalui menurut prosedur yang berlaku.

Biaya Operasi TKR

Faktor yang menyebabkan gangguan fungsi lutut parah tidaklah sedikit. Gangguan pada bagian lutut sangat berpengaruh pada gerak manusia mengingat lutut adalah tumpuan badan untuk berdiri dan melakukan berbagai aktivitas. Sendi lutut juga ikut mengalami gangguan. Karenanya, tingkat gangguan parah tersebut harus disembuhkan dengan operasi lutut total.

Para ahli ortopedi sudah mumpuni dalam melakukan operasi penggantian lutut total. Bagaimana operasi ini bisa terjadi? Dalam operasi ini, kerusakan lutut yang menjadikannya tidak normal harus diganti secara total menggunakan lutut buatan agar bisa kembali berfungsi normal. Lutut buatan ini tentu saja terjamin keamanannya karena sudah terstandardisasi.

Karena terdapat upaya penggantian lutut menggunakan komponen buatan dan proses yang tidak mudah, tentu saja biaya operasi total knee replacement (TKR) tidaklah murah. Biaya operasinya disesuaikan dengan seberapa parah kerusakan lutut yang dialami. Tingkat kerusakan lutut mempengaruhi tindakan medis yang dilakukan, termasuk lamanya operasi.

Biaya operasi penggantian lutut total ini ditawarkan mulai 39.000 RM di rumah sakit ternama rekanan dokter.my yang mempunyai dokter ahli bedah spesialis ortopedi. Biaya tersebut terdiri atas biaya operasi, ruang kamar bedah, konsultasi dokter, dan ruang rawat inap. Meskipun demikian, biaya tersebut bisa mencapai ratusan juta karena mengikuti kebutuhan.

Tahapan Operasi TKR

Setiap operasi pasti mempunyai tahapan yang harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Dalam sistem operasi sesuai standar, terdapat lima tahapan yang harus dilalui. Tahapan tersebut di antaranya adalah introduction, preparation, procedure, recovery, dan komplikasi. Setiap tahap tersebut tetap di bawah pengawasan dokter ahli ortopedi yang menanganinya.

Dalam tahap awal yaitu introduction, setiap pasien akan diperiksa riwayat kesehatan serta kondisi lututnya oleh dokter. Pemeriksaan ini mencakup serangkaian langkah sesuai prosedur untuk menentukan tindakan operasi total knee replacement. Setelah hasil pemeriksaan keluar, dokter akan menganalisis kondisi pasien dan menentukan tindakan operasi yang tepat.

Tahap kedua adalah preparation yang berarti dokter akan mempersiapkan semua kebutuhan operasi, meliputi ruang bedah, peralatan, dan bahan operasi. Tim dokter juga disiapkan dan diberikan pengarahan terkait tindakan operasi yang dilakukan kepada pasien yang bersangkutan. Di tahap procedure, tindakan operasi dilakukan sesuai langkah yang benar.

Setelah operasi selesai dilakukan, pasien akan menjalani tahap recovery yang berarti proses pemulihan dari semua efek obat bius saat operasi. Pasien juga memperoleh treatment pengaturan pernapasan dan pemulihan anggota gerak agar kembali stabil.

Tahap terakhir yaitu komplikasi yaitu pemeriksaan kondisi pasien beberapa waktu setelah operasi. Tujuannya untuk mengetahui apakah pasien mengalami komplikasi atau ketidakcocokan atau tidak. Penanganan lebih lanjut dengan pemeriksaan rutin akan dilakukan sampai lutut berfungsi normal.

Informasi mengenai biaya operasi TKR tersebut sangat penting untuk diketahui agar bisa menyiapkan dana lebih awal. Alangkah baiknya, rincian biaya operasi juga diketahui untuk memastikan biaya di setiap layanan. Info kelengkapan tahap operasi dari awal sampai akhir tersebut juga bermanfaat bagi pasien agar mengetahui tindakan operasi sesuai prosedur.

1 komentar:


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus