Rabu, 12 Desember 2018

Makanan Untuk Ibu Hamil yang Mengoptimalkan Kesehatan Janin



Ketika hamil, ibu membutuhkan banyak makanan untuk ibu hamil yang berguna untuk kesehatan janin. Apa lagi untuk pertumbuhan otak. Di dalam kandungan otak akan mengalami pertumbuhan yang pesat. Pembentukan awal otak janin bisa menentukan pertumbuhan serta perkembangan otak anak ketika sudah lahir.

Makanan Untuk Ibu Hamil Berpengaruh Pada Janin

Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan pada otak bayi di dalam kandungan, tentu Anda membutuhkan banyak asupan nutrisi. Maka dari itu, ketika hamil sebaknya para ibu mengonsumsi beragam jenis makanan yang bisa mendorong pertumbuhan serta perkembangan bayi di dalam kandungan. Ini dia daftar beberapa diantaranya :

1. Ikan

Ada banyak mitos yang mengatakan jika ibu hamil tidak boleh mengonsumsi ikan, karena nantinya anak ketika lahir bisa berbau amis. Tentu sebagian besar dari Anda tidak mempercayai hal ini. Dan benar, ikan sebenarnya sangat dibutuhkan dan menjadi makanan untuk ibu hamil yang penting. Karena bisa mendukung pertumbuhan serta perkembangan otak bayi di dalam kandungan.

Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksanoat). DHA ini menjadi sangat penting untuk membantu pertumbuhan otak dan juga sistem saraf anak ketika dalam kandungan. Anda tentu sangat sering mendengar kandungan DHA ini di dalam susu formula. Namun, Anda juga bisa mendapatkannya di dalam ikan, terutama ikan yang berlemak, seperti ikan tuna, sarden, dan salmon.

2. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang mudah didapatkan. Harganya sangat murah dan manfaatnya sangat besar. Bayam memiliki kandungan asam folat yang sangat penting untuk ibu hamil. Asam folat dapat membantu pembentukan awal otak dan sumsung tulang belakang bayi, dapat membantu produksi DNA baru dan mengatur metabolisme sel. Selain itu asam folat juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang melindungi jaringan otak bayi dari kerusakan.

3. Daging

Daging mengandung banyak sekali nutrisi, salah satunya yaitu zat besi. Zat besi termasuk kandungan pada makanan untuk ibu hamil yang diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi di dalam kandungan. Zat besi juga memiliki pengaruh di dalam produksi senyawa dalam otak dan dapat membentuk myelin (untuk mempercepat komunikasi yang ada pada saraf otak).

Selain itu, zat besi juga bisa mendukung media oksigen dari ibu ke bayi yang ada dalam kandungan. Kekurangan zat bisa bisa menyebabkan perkembangan mental anak terganggu.

Anda bisa mengonsumsi beragam jenis daging, misalnya sapi, ayam atau bebek. Setidaknya satu atau dua porsi dalam sehari agar mendapatkan nutrisi penting yang ada di dalamnya. Hindari dampak negatif dari daging, yaitu memilih daging tanpa lemak.

4. Telur

Banyak yang tahu jika telur menjadi salah satu sumber protein. Tetapi, lebih dari itu ternyata telur mengandung banyak zat gizi yang penting, misalnya kolin dan juga zat besi. Kedua kandungan tersebut sangat penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan otak bayi di dalam rahim.

Manfaat zat besi sudah dijelaskan di poin sebelumnya, sedangkan manfaat kolin yaitu membantu perkembangan memori dan kemampuan belajar anak seumur hidup. Kolin bisa Anda dapatkan di dalam kuning telur. Di dalam 1 buah telur rebus bisa mengandung kolin sebanyak 113 mg, sedangkan kebutuhan kolin tiap harinya yaitu sebesar 450 mg.

Itu dia beberapa makanan untuk ibu hamil yang bisa berpengaruh untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak ketika berada dalam kandungan. Hal tersebut perlu untuk diperhatikan, agar nantinya anak dapat tumbuh sehat ketika sudah lahir ke dunia.

1 komentar:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus