Sabtu, 02 Maret 2019

5 Tipe Online Shop yang Perlu Anda Tahu


Online shop hadir memberikan penawaran aneka jenis produk dengan harga yang bervariasi. Berkat adanya aneka jenis toko online, kini belanja menjadi semakin mudah dan menyenangkan. Tak perlu lagi pergi dandan dan keluar rumah untuk membeli barang yang kita butuhkan. Cukup ambil gadget dan buka aplikasi belanja, semua jenis produk bisa didapatkan.

Ya, saat ini aktivitas belanja online semakin banyak diminati. Bagaimana tidak? Belanja online begitu mudah untuk dilakukan dan bisa lebih menghemat waktu juga tenaga Anda. Didukung dengan layanan ekspedisi pengiriman barang yang profesional, produk yang Anda pesan bisa sampai ke tangan Anda dalam waktu singkat.

Keberadaan toko online kini benar-benar membantu kita dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak orang yang tak sempat pergi belanja karena kesibukan dan padatnya rutinitas. Tapi berkat adanya toko online, aktivitas belanja jadi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa harus mengganggu aktivitas atau rutinitas sehari-hari.

Toko Online

Saat ini ada banyak sekali toko online yang bermunculan di dunia maya. Setiap toko online menawarkan produknya masing-masing. Ada yang menjual produk fashion, ada yang menjual produk makanan, ada juga yang menjual produk kosmetik, dan lain sebagainya. Aneka jenis produk dijual secara online lewat berbagai media seperti media sosial dan marketplace.

Pada dasarnya, toko online memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Bagi Anda yang hobi belanja online, maka Anda harus tahu apa saja tipe toko online yang beredar di dunia maya saat ini. Berikut adalah 5 jenis online shop yang perlu Anda ketahui :

1. Khusus Pre-Order
Toko online khusus pre-order artinya melayani pemesanan dengan sistem pesan dulu baru dibuatkan barangnya. Banyak jenis produk yang bisa dijual dengan menggunakan sistem pre-order. Misalnya baju, kue, tas, sepatu, dan lain sebagainya. Jadi, pelanggan melakukan pemesanan kemudian barang dibuat dulu baru dikirimkan.

2. Toko Ready Stock
Ready stock ini adalah kebalikan dari pre-order. Jadi, barang-barang yang dijual sudah tersedia dan konsumen bisa langsung memilih serta membeli barang tanpa harus menunggu pemesanan dan proses pembuatan barang. Toko online dengan konsep ready stock ini paling banyak kita temukan di dunia maya.

3. Toko Reseller
Banyak juga toko online yang merupakan reseller. Artinya toko tersebut bukanlah produsen dari produk yang dijualnya. Produk yang mereka jual merupakan produk milik toko online lain yang ia jual kembali. Namun, bukan berarti reseller ini ilegal. Reseller memiliki hak untuk menjual produk dengan peraturan yang sudah disepakati.

4. Toko Second Hand
Berikutnya ada toko online khusus barang-barang second hand atau barang bekas. Barang-barang yang dijual memang bekas pakai namun bukan berarti sudah tidak layak. Banyak produk second hand yang dijual secara online seperti tas dan sepatu bermerk, gadget, dan lain sebagainya.

5. Khusus Order Terjadwal
Ada juga jenis toko online yang melakukan konsep penjualan dengan sistem open order secara terjadwal. Jadi, mereka memproduksi produk dalam waktu tertentu kemudian menerima pemesanan juga dalam waktu tertentu. Konsumen tidak bisa memesan sewaktu-waktu tetapi harus mengikuti jadwal yang sudah ditentukan oleh penjual.

Itulah tadi beberapa jenis online shop yang perlu Anda tahu. Sebelum melakukan pembelian coba lihat dulu bagaimana sistem jual beli yang berlaku di toko online tersebut. Pastikan Anda berbelanja di toko online yang sistem jual belinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sehingga Anda akan merasa puas.

1 komentar:


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus