Sabtu, 13 April 2019

Ketahui Definisi Mastitis dan Penyebabnya


Proses menyusui antara ibu dengan anak yang seharusnya menyenangkan menjadi mimpi buruk apabila penyakit mastitis datang. Bagi Anda yang belum tahu, mastitis adalah infeksi yang menyerang wanita menyusui dan membuat kegiatan menyusui menjadi sangat menyakitkan. Lantas apa saja yang menyebabkan penyakit ini? Berikut ini beberapa penyebab dari mastitis. 

1. Cela Luka di Daerah Puting Payudara 
Penyebab pertama yang mengakibatkan seorang wanita menyusui mengalami penyakit mastitis adalah cela luka di daerah puting payudara. Celah luka itu sendiri biasanya disebabkan oleh hisapan hingga gigitan terlalu keras dari si bayi ketika menyusui. Celah luka tersebutlah yang kemudian lebih memudahkan bakteri untuk bisa masuk dan akhirnya mengakibatkan penyakit. 

2. Payudara Tersentuh dengan Benda Penuh Bakteri 
Penting sekali bagi setiap wanita untuk menjaga kebersihan payudara yang dimiliki apalagi ketika sedang berada di proses menyusui. Bukan tanpa alasan karena apabila payudara sampai tersentuh benda yang penuh bakteri maka bisa mengakibatkan berbagai penyakit. Tidak terkecuali penyakit mastitis yang pastinya akan sangat menyakitkan apabila sampai terkena. 

3. Pengulangan dari Infeksi Mastitis yang Sebelumnya 
Mungkin masih belum banyak yang tahu bahwa apabila seseorang sudah pernah terjangkit penyakit mastitis sebelumnya maka apabila dia memiliki bayi lagi, penyakit ini bisa datang kembali. Seperti yang diketahui penyakit mastitis adalah infeksi yang membuat kegiatan menyusui menjadi sangat menyakitkan bagi seorang wanita dan seringkali timbul rasa nyeri. 

Jadi bisa disimpulkan bahwa penyakit mastitis ini adalah penyakit yang memiliki sifat mengulang dari periode sebelumnya. Bisa diambil kesimpulan bahwa apabila seseorang terjangkit penyakit ini maka bisa jadi itu adalah pengulangan dari periode sebelumnya. Jadi penting sekali bagi setiap wanita menyusui guna memperhatikan kebersihan payudara miliknya. 

4. Seorang Ibu Menyusui yang Memiliki Penyakit Anemia 
Bisa dibilang, hadirnya penyakit ini sangat bergantung dari bakteri yang masuk ke dalam tubuh si ibu. Untuk itulah, ibu yang sedang menyusui dan memiliki daya tahan rendah paling rentan terkena penyakit satu ini. Salah satunya adalah ibu menyusui yang memiliki penyakit anemia. Seperti yang diketahui bahwa penyakit anemia mengakibatkan tubuh yang kekurangan darah. 

Kondisi tersebut lantas berefek pada daya tahan tubuh yang bisa langsung menurun drastis. Daya tahan tubuh yang melemah lantas membuat berbagai bakteri akan mudah untuk bisa masuk. Sesuatu yang membuat penyakit mastitis menjadi mudah untuk bisa menjangkiti ibu tersebut. 

5. Saluran ASI yang Tersumbat 
Penyebab terakhirnya adalah karena saluran ASI yang tersumbat oleh berbagai hal. Nyatanya apabila ASI tersumbat ketika sedang proses menyusui maka bisa menimbulkan berbagai masalah. Salah satu masalah yang paling berbahaya adalah munculnya penyakit mastitis yang pastinya akan sangat mengganggu proses menyusui. 

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih tahu tentang definisi mastitis dan juga berbagai penyebabnya. Meski begitu, Anda tetap jangan sampai lupa untuk memenuhi perlengkapan bayi ketika menyusui. Untungnya, Anda bisa mengandalkan Orami untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar