Rabu, 16 Oktober 2019

6 Cara Mudah Supaya Lancarnya Sistem Pencernaan


Tentunya kamu akan merasa lebih nyaman ketika dapat bekerja dengan baiknya sistem pencernaan milikmu. Pastinya hal ini menjadi dambaan setiap orang karena baiknya sistem pencernaan akan dapat membantu untuk mempertahankan kesehatan. Jika sistem pencernaan manusia sehat maka tubuh akan mampu menyerap dengan baik nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, sehingga akan terpenuhinya kebutuhan nutrisi. Tetapi terkadang ketika mengkonsumsi makanan yang salah atau memiliki kebiasaan buruk maka akan membuat bermasalahnya pencernaan ataupun perut merasa tidak nyaman. 

Lalu apa saja yang harus dilakukan supaya sistem pencernaan berjalan lancar? Berikut dibawah ini 6 cara mudah supaya lancarnya sistem pencernaan diantaranya yaitu : 

1. Makan Banyak Serat 

Serat adalah hal wajib yang harus terpenuhi setiap harinya. Akan bekerja lebih lancarnya sistem pencernaan ketika terpenuhinya kebutuhan serat harian yaitu sekitar 25 gram. Dengan terpenuhi kebutuhan serat ini maka akan mampu menjaga kesehatan pencernaan sehingga akan dapat terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, diverticulosis, hemoroid (wasir), dan juga sindrom iritasi usus. Dengan mengkonsumsi banyak serat juga maka akan dapat membantu mempertahankan berat badan. Serat ini bisa didapatkan dari sayuran, buah buahan, kacang kacangan, dan juga biji bijian. 

2. Konsumsi Probiotik 

Probiotik ini adalah bakteri baik yang mirip dengan bakteri yang ada didalam usus. Bakteri baik ini dapat membantu tubuh untuk melawan bakteri jahat, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik maka akan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Probiotik ini bisa didapatkan dari makanan makanan fermentasi seperti tempe, oncom, yoghurt, dan masih banyak yang lainnya. 

3. Membatasi Konsumsi Lemak 

Karena lemak itu merupakan nutrisi yang sulit sekali dicerna oleh tubuh, sehingga lemak ini akan bertahan lebih lama didalam sistem pencernaan. Kemungkinan juga kamu akan merasa sangat kenyang setelah mengkonsumsi makanan yang berlemak, sehingga pastinya akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Oleh karena itu sebaiknya mengkonsumsi lemak ini harus dibatasi. Akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan yang dipanggang, ditumis, direbus, ataupun dikukus, jika dibandingkan dengan makanan yang digoreng. 

4. Mengkonsumsi Banyak Air 

Akan dapat terbantunya sistem pencernaan didalam melakukan pekerjaannya ketika kamu banyak minum air. Pasalnya air didalam sistem pencernaan ini akan dapat membantu untuk memecahkan lemak dan serat larut didalam air, sehingga akan lebih mudah dicerna oleh tubuh. 

5. Makan Secara Perlahan 

Jika kamu makan secara perlahan, maka kamu telah memberikan sedikit waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan lebih baik. Sehingga nantinya nutrisi dari makanan yang dikonsumsi akan dapat diserap seluruhnya oleh tubuh. Selain itu makan secara perlahan juga akan dapat memudahkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. 

6. Setelah Makan Jangan Langsung Tidur 

Ketika posisi tubuh kamu tegak setelah makan maka tubuh akan dapat mencerna makanan dengan lancar dan baik. Jika setelah makan langsung tidur maka akan menyebabkan tubuh yang sedang mencerna makanan akan mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Jika kamu memang sangat mengantuk setelah makan dan ingin tidur, maka setidaknya tunggu terlebih dahulu setidaknya 2 hingga 3 jam. Tunggu hingga tubuhn telah mencerna makanan dengan lancar. 

Selain itu masih ada cara mudah lainnya supaya lancarnya sistem pencernaan yaitu dengan aktif bergerak.

0 komentar:

Posting Komentar